10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Seri A dan M

Kelebihan dan kekurangan samsung seri A dan M menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk dibahas oleh para penggunanya. Samsung A dan M series memang banyak diminati, terutama seri A yang menjadi titik unggul penjualan Samsung terbanyak di tahun lalu.

Kadang-kadang sebagai pengguna kita perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan device yang sedang kita gunakan. Mungkin ini juga dapat membantu memberikan saran bagi siapa saja yang ingin membeli ponsel baru dan memutuskan memilih antara Samsung seri A atau M. Pada dasarnya memang Samsung yang paling laku di pasar dunia kebanyakan seri A dan M. Untuk seri S yang kita ketahui merupakan ponsel flagship dari Samsung dengan speknya yang tinggi.

Dan kali ini kita akan bagikan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung seri A dan M yang dikutip juga dari Digitaltrends. Perbandingan ini kita ambil antara Samsung Galaxy A53 dan Galaxy M53.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Seri A dan M

Tabel Perbandingan Samsung Seri A dan M

Perbandingan FiturSamsung Seri ASamsung Seri M
Layar
Desain & Tampilan
Kamera
Performance
Baterai
Kualitas Body
Dimensi & Berat
Proteksi
Fitur
Harga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Seri A dan M

1. Layar

Samsung Galaxy A53 dan M53 sama-sama menggunakan layar tipe Super AMOLED dengan dukungan refresh rate 120Hz. Tapi Samsung Galaxy A53 lebih diunggulkan dikarenakan memiliki 800 nits (HBM).

Perbandingan ukuran layar antara kedua ponsel tidak terlalu signifikan. Ukuran layar dari Samsung Galaxy A53 6.5 inci dan Galaxy M53 6.7 inci. Meski bukan hal yang penting untuk dibahas, ukuran layar berperan penting untuk kenyamanan.

Untuk perbandingan layar baik Samsung Galaxy A53 dan M53 sama-sama bagus. Namun, A53 lebih diunggulkan dari bagian pencahayaan dengan 800 nits (HBM).

2. Desain dan Tampilan

Kita tahu bahwa desain dan tampilan menjadi hal paling penting. Nah, Samsung Galaxy A series biasanya memang lebih baik untuk urusan desain dan tampilan.

Ya, semua orang pasti tahu akan hal tersebut. Kalian bisa melihat sendiri pada gambar diatas bahwa Samsung Galaxy A53 lebih baik desain dan tampilannya dibandingkan dengan M53.

Di bagian belakang desain kamera A53 lebih kelihatan elegan dibandingkan dengan penyusunan berbentuk persegi milik M53.

3. Kamera

Berbicara tentang kamera biasanya Samsung seri A lebih diunggulkan walaupun kualitas pixel lebih besar seri M.

Nah, kali ini mungkin kamera Samsung M53 dapat dikatakan lebih unggul karena kamera utama dibekali dengan lensa 108 MP sedangkan kamera A53 hanya tersedia 64 MP. Tetapi kamera Samsung Galaxy A53 sudah mendukung OIS, sedangkan M53 belum.

Nah, kalau dilihat lihat sih memang kamera dari kedua belah pihak sama-sama diunggulkan. Namun, hasil tes foto dan video mengatakan bahwa Samsung seri A lebih baik hasilnya.

4. Performance

Kinerja yang kita bandingkan kali ini berdasarkan chipset yang digunakan. Samsung Galaxy A53 mendapatkan skor AnTuTu 415.448 (v9) yang menggunakan chipset Exynos 1280 (5 nm), untuk M53 sendiri yang menggunakan chipset Mediatek Dimensity 900 (6 nm) mendapatkan skor AnTuTu 441.219 (v9).

Dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa Galaxy M53 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan Galaxy A53. Sedangkan untuk OS sendiri dapat diupgrade ke versi terbaru yaitu Android 14.

Secara keseluruhan jika kita simpulkan maka chipset dari Samsung Galaxy M53 lebih baik.

5. Baterai

Berikutnya adalah bagian baterai hp yang sama-sama memiliki kapasitas 5000mAh. Namun, yang membedakan adalah jenis baterainya. Untuk Samsung Galaxy A53 berjenis Li-Po 5000 mAh, dan M53 jenisnya Li-Ion 5000 mAh.

Untuk kualitasnya memang Li-Ion lebih baik dibandingkan Li-Po. Bahkan baterai iPhone juga menggunakan jenis Li-Ion.

Nah, dukungan yang lainnya sama-sama mendapatkan kinerja pengisian daya 25W wired.

6. Kualitas Body

Kualitas bahan body yang digunakan plastik frame baik di A53 atau M53. Berbicara tentang kualitas body memang ketika menggunakan plastik akan terasa biasa saja.

Berbeda ketika ponsel sudah menggunakan Aluminium atau Titanium yang akan sedikit lebih mewah.

Tapi yang harus kalian pahami bahwa ponsel ini bukanlah kelas atas. Dengan harga yang sesuai kalian akan mendapatkan spek yang sesuai juga.

7. Dimensi dan Berat

Perbandingan berikutnya adalah pada dimensi dan beratnya. Untuk masalah ini mungkin tidak banyak orang yang ingin membahas. Namun, dimensi dan berat dari dari Samsung Galaxy A53 lebih ringan.

Semakin ringan ponsel biasanya semakin efisien ketika digunakan. Jadi seri A lebih unggul untuk urusan dimensi dan berat.

8. Proteksi

Perlu kalian ketahui bahwa proteksi mengambil peran penting ketika kita berurusan dengan ketahanan layar depan. Proteksi yang disematkan pada Samsung Galaxy A53 dan M53 menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Ini berarti sama-sama unggul untuk urusan proteksi layar.

Selain proteksi tersebut ada proteksi pada ketahanan air di mana Galaxy A53 sudah mampu tahan air di kedalaman 1m dengan waktu 30 menit yang bersertifikat IP67 dust/water resistant. Nah, untuk masalah proteksi Samsung Galaxy A53 lebih unggul.

9. Fitur

Selanjutnya adalah fitur pada masing-masing Samsung Seri A dan M. Fitur yang disediakan biasanya tergantung dari harga yang harus dikeluarkan untuk memiliki ponsel.

Secara fitur saat ini Samsung Galaxy Seri A dan M rata-rata memiliki fitur yang mirip. Seperti mendukung NFC, USB type-C 2.0, sensor, dan fitur lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa fitur Bluetooth M53 lebih baik dibandingkan dengan A53. Samsung M53 sudah menggunakan Bluetooth versi 5.2, A2DP, LE dan sedangkan A53 masih 5.1, A2DP, LE.

10. Harga

Harga yang ditawarkan dari kedua ponsel Samsung seri A dan M bervariasi tergantung spek yang diberikan device. Untuk saat ini Samsung Galaxy M53 lebih mahal dibandingkan dengan A53.

Terlepas dari permasalah harga setiap device memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing antara Samsung seri A dan M. Jadi harga ponsel tidak menjadi patokan mutlak, jika spek yang diberikan sebanding dengan harganya.

Akhir Kata

Samsung seri A dan M yang menjadi daya tarik bagi pengguna baru layak untuk diberikan apresiasi. Karena kebanyakan dari Seri A memiliki kualitas kamera yang sangat bagus seperti Samsung Galaxy A54. Sebagai perbandingan saja dari kita bahwa Samsung Galaxy seri A lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy M.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas sebenarnya kalian pasti juga dapat menyimpulkan sendiri antara Samsung Galaxy seri A dan M.

Leave a Comment